Saturday 1 October 2016

Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas 7 SMP

Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas 7 SMP - Pada postingan kita kali ini, saya akan membahas tentang Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas 7 SMP. Bagi kalian yang belum mengerti tentang materi ini, saya akan menjelaskannya sampai tuntas. Namun kalian juga harus rajin belajar yaa. Jangan pernah malas untuk belajar. Saya juga akan memberikan beberapa contoh untuk kalian belajar dirumah. Sebelum masuk kedalam tema pembahasan kita, saya akan mengingatkan sedikit tentang persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.


Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas 7 SMP
Google Image - Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas 7 SMP

Persamaan linear satu variabel merupakan suatu konsep perhitungan dimana didalamnya hanya terdapat satu variabel berpangkat satu. Selain itu, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dapat pula diartikan sebagai kalimat terbuka yang dipisah dengan lambang ( = ) maksudnya belum dapat diketahui nilai pastinya, yang memiliki satu variabel berpangkat satu. Misal: x + 4 = 8 atau p + 7 = 14. X dan p merupakan variabel berpangkat satu yang belum diketahui secara pasti nilai nya.

Contoh soal persamaan linear satu variabel

Ketika kita mengerjakan soal persamaan linear satu variabel, yang harus kita lakukan adalah mengurangkan atau menjumlahkan antara ruas kanan dan ruas kiri dengan angka yang sama.

Contoh:

Carilah penyelesaian soal berikut, x – 6 = 7
Untuk menyelesaikan soal diatas, kita harus menghilangkan angka 6 di ruas kiri agar tersisa variabel x saja. Caranya kita jumlahkan saja dengan angka 6 antara ruas kanan dan kirinya.
Jadi, 

x – 6 + 6 = 7 + 6
x = 13

mudah bukan. Jika soalnya seperti ini, 4x + 8 = 32
maka cara penyelesaiannya sama seperti diatas yaitu:

4x + 8 – 8 = 32 – 8
4x = 24
Maka x = 24 / 4
X = 6

Apa bila dalam soal adalah berbentuk pembagian seperti ini, 3x / 6 = 9 maka caranya yaitu kita kalikan dengan angka yang sama di kedua ruas agar tersisa variabel x nya saja.

3x / 6 = 9
3x / 6 . 6 = 9 . 6
3x = 54
X = 18


pertidaksamaan linear satu variabel merupakan kalimat terbuka yang dipisah oleh lambang – lambang yang menyatakan pertidaksamaan seperti berikut:

> = Lebih dari
< = Kurang dari
> = Lebih dari atau sama dengan
< = Kurang dari atau sama dengan
≠ = Tidak sama dengan

Seperti, 3x – 2 < 13 atau 4x/3 + 4 > 3

Contoh soal pertidaksamaan linear satu variabel

Untuk menyelesaikan soal diatas, sama seperti cara pertama yaitu dengan cara mengurang atau menjumlahkan serta membagi atau mengalikan kedua ruas dengan angka yang sama agar tesisa variabel x saja. 

Contoh:

3x – 2 < 13
3x – 2 + 2 < 13 + 2
3x < 15
X < 15 / 3
X = 5

Mudah bukan? Jelas mudah, namun biarpun mudah apabila kalian jarang mengerjakan soal, tentu akan lupa juga. Untuk itu saya akan berikan kalian beberapa soal untuk kalian kerjakan di rumah.

Contoh soal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

1. , tentukan nilai x
2.  tentukan nilai x
3. Carilah penyelesaian dari 3x - 6 < 12
4. Tentukan penyelesaian dari persamaan 2x + 7 = 5x – 5
5. Ruang kelas 9A berbentuk persegi panjang dan memiliki keliling 32 meter. Lebarnya 4 meter lebih pendek dari panjang ruang kelas tersebut. Tentukan panjang dari ruang kelas tersebut !



Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas 7 SMP - Nah, inilah yang dapat saya berikan kepada sahabat – sahabat semua. semoga materi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. saya tidak pernah lelah untuk mengingatkan kepada kalian semua untuk rajin dalam belajar terutama dalam hal mengerjakan soal – soal. Untuk itu, jangan lupa dikerjakan yaa contoh soal yang telah saya berikan diatas. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment